Senin, 29 Juni 2015

BERKENDARA di MALAM HARI || KURANG SAFE



Berkendara dimalam hari dengan di siang hari tentu sangat berbeda. Malam hari jelas lebih gelap dan pandangan mata akan samar apalagi jika kita menggunakan helm yang kacanya sudah jarang dibersihkan. “Tapi menggunakan helm itu wajib”. Maka dari itu, kita harus benar – benar jelinsaat berkendara dimalam hari, tak sedikit pengendara kendaraan bermotor yang mengalami musbah saat berkendara dimalam hari. Penyebebnya pun bervariasi, baik dari pandangan yang kurang jelas, sehingga membuat respon mereka terlambat. Baik karena lubang yang tidak terlihat ataupun karena kendaraan lawan yang tidak terlihat.




Jangan Sampai Kita Seperti Ini

Sebenarnya semua itu bisa disiasati, sudah jelas penyebab dari itu semua adalah pengendara kurang konsentrasi saat berkendara sehingga fokus mereka terbagi dan akibatnya seperti tadi tidak melihat lubang dijalan ataupun tidak melihat kendaraan lawan padahal ada didepannya.
Nah, berikut ini saya temukan beberapa tips yang harus dilakukan saat berkendara dimalam hari sehingga kita dapat aman dan nyaman sampai tujuan.
Pertama, Saat berkendara dimalam hari kita harus konsentrasi penuh. Apalagi saat kondisi ramai, sudah ramai gelap lagi jelas itu bukan waktunya kita berkendara saat saat tersebut apabila kita tidak berkonsentrasi penuh jelas akan sangat berbahaya apalagi saat padat pastinya banyak kendaraan yang salip kanan salip kiri apabila kita lengan kecelakaan pasti tidak akan terelakan meski hanya bersentuhan kendaraan. Kita harus memikirkan perjalanan kita saja tanpa harus memikirkan hal lainnya atau berhalusinasi. Seperti “istri sudah makan atau belum, istri dirumah atau tidak atau mantan mau balikan ngga yah” itu ngga penting yang penting kita sampai dulu barulah kita pikirkan itu. Ini demi kenyamanan dan keselamatan kita sampai tujuan.

Kedua, Kelengkapan perlengkapan kendaraan. Perlengkapan kendaraan adalah suatu komponen penting saat berkendara. Lampu depan belakang, spion, lampu sen, rem dan sebagainya sangat penting apalagi saat berkendara dimalam hari saat respon kita menaggapi sesuatu berkurang karena jarak pandang mata. Semuanya harus disiapkan sedemikian rupa sehingga saat berkendara kita dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman.

Ketiga, Perlengkapan Pengendara Kendaraan. Perlengkapan bagi pengendara juga tidak kalah pentingnya. Helm utnuk melindungi kepala dan wajah dari angin malam, Jaket untukmelindungi kita dari dinginnya udara malam, Sepatu dan sarung tangan untuk melindungi telapak tangan dan kaki kita saat berkendara. Perlengkapan diatas sangat penting saat berkendara terutama dimalam hari karena dapat meningkatkan tinggat konsentrasi saat berkendara karena tidak terganggu oleh faktor alam.

HELM STANDAR INDONESIA
Keempat, Gunakan Kaca Helm yang Terang (Bening). Kaca yang bening digunakan agar penglihatan kita tidak terganggu karena gelap. Sehingga saat melihat lampu sen lawan saat akan berbelok itu tidak samar samar. Kaca bening juga dapat meningkatkan tingkat fokus kita.








Kelima, Gunakan lampu jarak jauh saat akan berbelok, melewati tkungan atau akan menyalip/menyiap. Hal ini dilakukan dengan kedipkan lampu jarak jauh saat kita akan berbelok sebagai tanda kepada kendaraan yang terlihat bahwa kita akan berbelok. Sehingga antar pengendara tidak akan terkejut apabila setelah berbelok saling berhadapan.

Keenam, Gunakan Lampu Jarak Jauh saat akan menggunakan kendaraan dengan kecepatan tinggi saat jalan sepi. Hal ini dilakukan agar jarak pandang kita terhadap suatu objek itu lebih luas dan jelas. Sehingga kita dapat melihat objek itu dari kejauhan sehingga kita dapat melakukan respon secepat mungkin terhadap objek tersebut.



Ketujuh, Jangan Paksa tetap mengendara apabila kondisi sedang  mengantuk. Sebaiknya apabila kita dalam kondisi mengkantuk segera berisirahat. Karena apabila kita berkendara dalam kondisi mengkantuk tingkat fokus kita jelas menurun. Hal tersebut dapat memungkinkan terjadinya kecelakaan lau lintas. Untuk perjalanan dapat dilanjutkan setelah beristirahat atau keesokan harinya.
Kedelapan, Jaga jarak aman saat berkendara. Jaga kecepatan kendaraan untuk menghindari kendaraan didepan berhenti mendadak. Dengan kecepatan yang aman kita dapat mengendalikan kendaaran sengan sebaik – baiknya.

Kesembilan, Jaga pandangan mata.  Saat kita berkendara jaga pandangan mata kita jangan sampai sering menatap sorotan lampu dari kendaraan yang berlawanan. Karena itu dapat menghilangkan fokus kita dalam berkendara dan hal tersebut juga dapat menyebabkan mata cepat lelah.













 



DAN
YANG TERAKHIR DAN PALLING UTAMA ADALAH  “BERDOA SEBELUM MELAKUKAN PERJALANAN”

Nah itu beberapa saran dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Terimakasih telah berkungjung
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar