Jumat, 26 Juni 2015

TIPS BUAT HIJABERS AGAR TETAP GUNAKAN HELM SAAT BERKENDARA



 Ini nih yang sering kita lihat akhir – akhir ini, wanita beerhijab tidak memakai helm saat berkendara sepeda motor. Sudah kita ketahui bersama motor adalah salah satu kebutuhan bagi kita untuk beraktifitas setiap harinya karena lebih fleksibel tak terkecuali wanita yang menggunakan jilbab. Entah apa yang dipikirkan para hijaber sehingga menyebabkan mereka tidak menggunakan helm untuk melindungi kepalanya saat mengendarai sepeda motor, atau mungkin mereka merasa sudah menggenakan helm melalui hijabnya itu saya juga kurang tau hehe.
Padahal yang namanya kecelakaan adalah suatu kejadian yang tidak sengaja dan menimpa siapa saja, meskipun orang yang sudah sangat safety juga dapat menimpanya. Apalagi terhadap kaum perempuan yang notabene memiliki respon lebih lambat daripada laki – laki saat menemui halangan didepannya secara tiba – tiba.

Saya mencoba mencari informasi kenapa kaum wanita berhijab jarang yang suka memakai helm saat mengendarai sepeda motor. Dan seperti yang sudah saya perkirakan sebelumnya alasan wanita berhijab tidak memakai helm adalah
 “Takut kalau nanti hijabnya jadi berantakan” lohhh?? Pasti semua bertanya tanya “Apakah wanita berhijab lebih memntingkan Stlye dibandingkan Keselamatan? Saya juga penasaran. Saat saya tanyakan hal tersebut mayoritas mereka menjawab
“sebenarnya kami juga mementingkan keselamatan, hanya saja untuk lebih tepatnya kami malas untuk membenarkan hijab setelah memakai helm” Lah kalo seperti ini jelas sama saja mereka tidak mementingkan keselamatan dong.
Sudah jelas setiap insan manusia yang menggunakan kendaraan bermotor baik sepeda motor roda dua maupun roda tiga dianjurkan untuk menaati perilaku berkeselamatan berkendara tidak terkecuali wanita yang menggunakan jilbab. Jadi jangan gunakan jilbab sebagai alasan untuk tidak menaati aturan yang ada yaa.


 

Nah, dinisi akan saya kasih tau nih tips tips menggunakan helm bagi para Hijabers, agar tetap nyaman dan Aman serta tetap berkeselamatan. 
 
  1. Pakailah jilbab dengan model yang simpel saja, ngga perlu pake yang banyak tambahannya. Sebab, pemakaian helm yang baik harus pas dengan bentuk kepala dan tidak sda rongga sehingga tidak mudah bergerak saat tertiup angin. 
  1. Jangan menggunakan ciput yang terlalu mancung. Sebab hal tersebut akan mengganggu saat menutup kaca helm. Termasuk mengganggu pandangan selama dalam perjalanan. Di samping itu, kondisi ciput juga akan mudah rusak.
  1. Pilih variasi aksen dengan ukuran kecil yang tidak mengganjal helm di kepala. Jika anda menyukai variasi jilbab seperti bandana luar dengan aneka kembang atau bros ronce panjang di bagian belakang, sebaiknya dipakai jika sudah sampai di tempat tujuan. Ini demi keselamatan berkendara loh.
  1. Anda bisa menggunakan ciput saja untuk tampil simpel. Hal ini untuk mensiasati dalam menutupi bagian leher saat berkendara menggunakan motor. Sehingga ketentuan berjilbab tidak terabaikan. Taturan islam tetep ditaati ya, jangan sampe bagian leher kelihatan. Hehe 
  1. Kenakan jaket dan pastikan jilbab masuk ke dalam jaket supaya tidak berterbangan diterpa angin saat berkendara. Karena jika jilbab anda berterbangan jelas itu akan mengganggu konsentrasi kita dalam berkendara. Jilbab terbang menutupi mata kan gawaat.
  1. Pilih warna jilbab yang soft seperti warna pastel. Supaya jilbab tidak menyerap terlalu banyak sinar matahari yang bisa menimbulkan keringat pada kulit kepala. Kalo bisa hindari warna-warna gelap seperti hitam, karena dapat menyerap lebih banyak sinar matahari. Nanti banyak keringat ujung ujungnya ganti lagi.
  1. Sisa dari lipatan jilbab bisa digunakan sebagai penutup mulut dan hidung agar terhindar dari debu.
    Nah mungkin itu tips dari saya Semoga bermanfaat bagi anda para hijabers.

Terima Kasih Sudah Berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar