Sabtu, 06 Februari 2016

Membuat Anggatan Bulanan Keuangan KEluarga dengan Microsoft Excel 2007

Salah satu aspek penting dalam rumah tangga adalah pengelolaan keuangan keluarga. Untuk mencapai tujuan keuangan keluarga, misalnya membeli rumah, membeli kendaraan, menunaikan ibadah haji, menyekolahkan anak, kita harus merencanakan keuangan dengan baik.
Salah satu komponen penting dari pengelolaan keuangan tersebut adalah anggaran bulanan. Tujuan utama dari membuat anggaran ini adalah agar pengeluaran bulanan keluarga tidak melebihi pendapatan atau dengan kata lain jangan sampai terjadi “besar pasak daripada tiang”.
Pada kesempatan ini, kami akan membantu Anda membuat anggaran bulanan keuangan keluarga dengan software yang hampir dimiliki oleh semua orang yang memiliki komputer berbasis windows, yaitu Excel.
Anggaran Bulanan Keuangan Keluarga ini sendiri terinspirasi dari template Personal Monthy Budget yang telah tersedia di Microsoft Excel 2007 yang sayangnya hanya sedikit orang yang mengetahuinya ataupun menggunakannya.
Untuk membukanya, pada Excel klik Office button/New/Templates/Installed Templates pilih Personal Monthly Budget lalu Create. Tampilan Personal Monthly Budget di Excel 2007 adalah sebagai berikut:
Personal Monthly Budget Pada Excel 2007
Personal Monthly Budget Pada Excel 2007
Dari template tersebut, kita akan membuat sendiri Anggaran Bulanan Keluarga yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk membuat anggaran bulanan, kita harus menenetukan serta mengidentifikasi dua komponen utama dalam anggaran yaitu Income/Pendapatan dan Pengeluaran.
Pendapatan
Pendapatan sebuah keluarga biasanya berasal dari gaji suami untuk yang single income, gaji suami dan gaji istri untuk pasangan yang keduanya bekerja, pendapatan usaha, bunga atau bagi hasil deposito, dll. Pendapatan yang diperoleh setahun sekali dibagi dengan 12 untuk mendapatkan jumlah penghasilan per bulan. Untuk pendapatan yang tidak terduga dimasukkan ke dalam komponen penghasilan lain-lain.
Pengeluaran
Setiap keluarga memiliki tentunya memiliki komponen pengeluaran yang berbeda-beda. Akan tetapi, pengeluaran tersebut dapat dikategorikan ke dalam kategori yang sama, misalnya pengeluaran untuk rumah atau tempat tinggal, transportasi, makanan, asuransi, tabungan dan investasi dll. Setiap pengeluaran yang dikeluarkan setahun sekali dibagi 12 untuk mendapatkan perkiraan pengeluaran per bulan. Pengeluaran yang sifatnya tidak terduga dimasukkan ke dalam pengeluaran lain-lain. Setiap komponen pengeluaran sebaiknya memiliki item pengeluaran lain-lain.
Step By Step: Membuat Anggaran Bulanan
Anggaran bulanan yang akan dibuat kali ini menggunakan fungsi Format as Table pada tabs Home. Keunggulan dari fungsi Format as Table antara lain adalah formula atau rumus yang mudah dipahami, rumus yang otomatis, serta tampilannya yang menarik.
Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
  • Buka worksheet Excel baru dan buatlah judul
  • Buat komponen Pendapatan dengan Format as Table dengan kolom Pendapatan, Rencana, Aktual dan Selisih seperti berikut.
Tabel Pendapatan
  • Isilah kolom pendapatan dengan item pendapatan, misalnya Gaji Sumai, lalu isi jumlah rencana untuk Gaji Suami, isi actual Gaji Suami, serta isi kolom selisih dengan rumus Selisih = Rencana – Aktual
Rencana-Aktual
Rencana-Aktual
  • Isilah kolom pendapatan dengan seluruh item pendapatan misalnya Gaji Istri, Pendapatan lain-lain.
  • Buatlah subtotal di bawah kolom Rencana, Aktual dan Selisih dengan shortcut Alt+.
  • Berilah nama untuk Tabel Pendapatan misalnya dengan nama INCOME. Caranya, pada tabel, klik Design lalu edit Table Name.
  • Buat komponen Pengeluaran dengan Format as Table sama seperti Pendapatan, tetapi karena komponen Pengeluaran lebih banyak buat menjadi dua sisi atau dua kolom agar mudah diprint. Buatlah subtotal untuk semua kategori Pengeluaran sama seperti membuat komponen dan beri nama setiap tabel seperti pada komponen Pendapatan.
  • Jumlahkan semua komponen atau tabel pengeluaran untuk menghasilkan Total Pengeluaran.
  • Buatlah tabel Saldo untuk mengetahui selisih antara Rencana Pendapatan dengan Pendapatan Aktual, Rencana Pengeluaran dan Pengeluaran Aktual.
  • Selesai
Anggaran Bulanan Keluarga
Anggaran Bulanan Keluarga
Untuk mengelola pencatatan pengeluaran aktual agar tidak dilakukan secara manual, Anda bisa mengkombinasikannya dengan memakai aplikasi personal & family finance yang bisa diinstall di handphone (akan kami bahas pada tulisan berikutnya, insya Allah).
Download worksheet Membuat Anggaran Keluarga dengan Excel di sini. Like Facebook Page Excel Corner dan follow Twitter Excel Corner untuk mendapatkan tips dan trik belajar Excel yang seru dan jangan lupa share artikel ini ke jejaring sosial.
Izin share dari https://excelcorner.wordpress.com/2015/04/05/membuat-anggaran-bulanan-keluarga-dengan-excel/